Gunakan Analisis Pro dan Kontra untuk Memilih Ide Bisnis yang Tepat

Sebagian besar tipe wirausaha memiliki sejuta ide bisnis, dan di bawah tekanan mereka dapat menghasilkan satu juta satu. Trik untuk startup yang sukses adalah memilih yang tepat untuk waktu, sumber daya, dan pasar yang tersedia saat Anda siap untuk diluncurkan. Sangat sedikit bisnis yang gagal karena idenya tidak layak, tetapi banyak sekali peluang yang terlewatkan karena Ide Bisnis Kecil wirausahawan tidak meluangkan waktu untuk mengevaluasi ide terbaik untuk dikejar mengingat situasinya.

Setiap startup membutuhkan waktu, uang, dan kerja keras untuk berhasil, tetapi jalannya jauh lebih mulus jika ada pasar yang cukup dan terjangkau untuk produk Anda. Setiap ide bisnis harus melalui analisis sepintas sebelum sumber daya yang signifikan dihabiskan. Daftar pro dan kontra yang belum sempurna dapat sangat membantu dalam menghilangkan ide bisnis yang Ide Jualan buruk dan dapat memberi Anda langkah awal dalam mengembangkan ide bisnis yang baik.

Pro dan kontra dari setiap ide bisnis baru harus mencakup, minimal, bidang-bidang berikut:

Kesulitan

Berapa banyak yang Anda ketahui tentang operasi sebenarnya dari ide bisnis Anda? Berapa banyak usaha yang diperlukan untuk menghasilkan satu unit produk Anda? Apakah Anda memiliki keterampilan untuk memproduksinya sendiri atau akankah Anda bermitra, mempekerjakan karyawan yang berpengalaman, atau mengalihdayakan keterampilan yang tidak Anda miliki?

Pasar

Apakah ada pasar yang cukup untuk mendukung ide bisnis Anda? Artinya, apakah ada cukup banyak orang atau bisnis yang akan mendapat manfaat dari produk Anda sehingga pemasarannya bisa cukup luas? Atau apakah Anda harus mencari dan menemukan peluang penjualan yang sangat terbatas? Apakah ide Anda merupakan inovasi positif pada sesuatu yang sudah digunakan orang atau Anda harus memperkenalkan konsep yang sama sekali baru ke pasar Anda? Apakah ide Anda memberikan manfaat yang lebih besar kepada pelanggan Anda daripada produk pesaing? Apakah peningkatan manfaat itu cukup untuk menarik pangsa pasar Anda sendiri? Bagaimana produk Anda akan didistribusikan pada awalnya? Di jalan?

Industri

Seberapa ramai industri yang Anda masuki? Apakah ada banyak senjata besar yang akan Anda lawan? Bagaimana Anda akan masuk ke pasar? Apakah Anda akan bersaing dalam kualitas, manfaat, harga, atau faktor lainnya? Dan, akankah pasar menanggapi perbedaan tersebut? Ingatlah bahwa bersaing harga adalah yang paling sulit, kecuali jika Anda telah mengarang cara inovatif untuk menghasilkan jauh lebih sedikit daripada orang lain. Ke mana arah industri? Akankah ide Anda berkembang untuk memenuhi kebutuhan pasar yang selalu berubah?

Kebutuhan Sumber Daya

Berapa perkiraan biaya startup Anda? Apakah Anda memiliki akses ke uang tunai yang cukup untuk meluncurkannya sendiri? Asumsikan, kasus terburuk, bahwa menemukan pendanaan dari luar tidak mungkin… adakah cara untuk mengubah ide Anda agar terjangkau? Apakah Anda punya waktu untuk mencurahkan untuk startup Anda? Bisakah Anda bekerja beberapa bulan tanpa penghasilan yang signifikan? Berapa banyak sumber daya pribadi Anda yang bersedia Anda pertaruhkan?

Minat

Pertimbangkan secara objektif apakah ide bisnis akan menarik perhatian dan minat Anda dari waktu ke waktu. Jika Anda termotivasi semata-mata oleh keuntungan, tetapi tidak tertarik pada produk itu sendiri, akan sulit untuk tetap termotivasi melalui hari-hari gelap startup Anda…dan akan ada hari-hari gelap. Anda tidak harus menyukai ide bisnis Anda untuk berhasil, tetapi Anda perlu menemukan kepuasan dalam pekerjaan sehari-hari. Seseorang menghasilkan jutaan dari memproduksi ikatan simpul… diragukan bahwa mereka menyukai gagasan ikatan simpul sebelum meluncurkan bisnis. Kemungkinan besar, mereka menikmati industri manufaktur dan produksi secara umum, dan melihat kebutuhan akan barang tertentu itu.

Jalan Maju

Tuliskan setiap faktor relevan yang dapat Anda pikirkan terkait dengan ide bisnis Anda dan buat daftar pro dan kontra dari masing-masing. Seobjektif mungkin tentang setiap aspek Bicaralah dengan orang-orang tentang ide Anda dan terima masukan mereka. Jangan pernah tersinggung dengan tanggapan negatif, tetapi cobalah menggali informasi yang mungkin dapat meningkatkan ide awal Anda. Sebagian besar waktu perencanaan yang solid menghasilkan usaha yang jauh berbeda dari yang diperkirakan sebelumnya — ini adalah pertanda baik. Semakin banyak Anda belajar, semakin Anda dapat menyempurnakan ide Anda menjadi ide yang pasti akan sukses.

Jika Anda memiliki banyak ide bisnis, buatlah daftar pro dan kontra untuk masing-masing ide tersebut, lalu bandingkan hasilnya. Mulailah karir kewirausahaan Anda dengan pilihan termudah; Anda selalu dapat meluncurkan ide-ide lain nanti. Faktanya, sedikit pengalaman dalam memulai berbagai ukuran dan jenis bisnis mungkin akan mengurangi kontra ide Anda yang lain pada saat Anda mulai meluncurkannya.

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *